Sabtu, 10 November 2012

soal pengantar ekonomi


1.pasar yang mempunyai banyak penjual dan pembeli ,lalu harga terbentuk bedasarkan mekanisme pasar merupakan definisi dari struktur pasar?
a.monopoli
b.oligopoli
c.pasar persaingan monopolis
d.pasar persaingan sempurna

2.Faktor-faktor yang menimbulkan pasar persaingan monopoli.? Kecuali !!
A.Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
B. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat produksi yang sangta tinggi.
C. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
 D. Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan

3.yang merupakan cirri dan sifat dasar pasar monopoli adalah?
a.hanya ada satu orang penjual
b.terdapat banyak pembeli
c.produknya mempunyai barang pengganti terdekat
d.adanya hambatan untuk masuk ke pasar

4.perusahaan  yang cenderung menetapkan harga barang yang tertinggi adalah keburukan dari pasar
a.oligopoli
b,monopoli
c.monopolistik
d.pasar sempurna

5. Pemanfaatan iklan dalam pasar persaingan oligopoli bertujuan untuk...
a.    menarik konsumen yang baru
b.    meningkatkan volume penjualan
c.    mempertahankan pelanggan lama
d.    memberikan informasi mengenai produk perusahaan
e.    menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.

6.barang yang di pasarkan menjadi bermutu dan masyarakat mendapatkan layanan yg relative memuaskan, merupakan kelebihan dari pasar?
a.oligopoli
b.sempurna
c.monopoli
d,monopolistic

7.Dampak negatif jika oligopolis memperoleh keuntungan yang berlebihan adalah...
a.    ketidakstabilan harga di pasar
b.    timbul pemborosan biaya produksi
c.    distribusi pendapatan tidak merata
d.    perusahaan dapat melakukan inovasi
e.    terjadinya eksploitasi terhadap buruh..

8. Kebaikan dari pasar oligopoli adalah...
a.    adanya efisiensi usaha
b.    perusahaan selalu melakukan inovasi
c.    konsumen bebas memilih produk
d.    adanya kebebasan dalam bertindak
e.    adanya produk yang dihasilkan secara khusus.

9.Salah satu karakteristik dari pasar monopolistik adalah...
a.    hanya ada satu penjual di pasar
b.    ada hambatan untuk memasuki pasar
c.    promosi penjualan sangat efektif digunakan
d.    perusahaan mempunyai kekuasaan atas harga
e.    barang yang diperdagangkan bersifat homogen.

10. Kurva permintaan dalam pasar oligopoli berbentuk patah-patah, artinya jika perusahaan...
a.    menaikkan harga, maka perusahaan lain ikut menaikkan harga
b.    menurunkan harga, maka perusahaan lain tidak akan mengubah harga
c.    menaikkan harga, maka perusahaan lain akan menurunkan harga
d.    menurunkan harga, maka perusahaan lain akan menaikkan harga
e.    menurunkan harga, maka perusahaan lain akan ikut menurunkan harga.

11. Keuntungan yang didapat dari pasar persaingan sempurna adalah««a.

a .pemerintah akan mengendalikan pasar jika harga merugikan konsumen b.
 b.subsidi yang diterima pengusaha dari pemerintah dapat menurunkan hargac.
 c. jumlah yang dibayar konsumen sama walaupun yang dibeli sedikit atau banyak d.
 d.barang yang dikonsumsi masyarakat mempunyai mutu yang baik dan

12. Beberapa faktor suatu perusahaan memiliki kekuatan monopoli(monopoli power), kecuali . . .
a. Perusahaan mampu mengendalikan seluruh pasokan bahan baku yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk
b. Karena perusahaan terbesar dalam wilayah tersebut
c. Karena ada peraturan pemerintah yang memberi hak monopoli
d. Karena memiliki skala ekonomi(natural monopoli)
e. Perusahaan memiliki hak paten